Ketika laptop baru dengan spesifikasi yang kita inginkan harganya selangit dan kondisi kantong kita tidak sesuai dengan keinginan untuk memiliki laptop dengan spesifikasi tersebut, maka laptop bekas atau laptop second menjadi opsi berikutnya. Banyaknya minat konsumen untuk memiliki komputer portabel membuat semakin menjamurnya toko laptop di negeri ini, khususnya toko laptop bekas.

Laptop Bekas

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita membeli laptop bekas atau laptop second :

  1. Kondisi fisik laptop. Kondisi fisik laptop meliputi keadaan keyboard, lcd, casing, dan touchpad. Pastikan peripheral tersebut masih dalam kondisi yang cukup baik.
  2. Pastikan kelengkapan laptop bekas sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh penjual laptop bekas.
  3. Pastikan semua perangkat yang ada pada laptop bekas tersebut sesuai dengan spesifikasinya. Perangkat tersebut meliputi Hard Disk, CD / DVD Writer, RAM, VGA, Processor, Bluetooth, dan lain sebagainya. Jika laptop bekas tersebut menggunakan Operating System Windows, Anda dapat memastikannya menggunakan perintah “dxdiag” pada aplikasi Run.
  4. Pastikan baterai laptop tersebut baik-baik saja. Baterai merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah laptop. Kondisi baterai yang cepat habis alias drop pasti akan mengganggu di kala kita sedang asyik membuat dokumen penting atau mengerjakan tugas kantor.
  5. Pastikan sparepart laptop bekas tersebut mudah untuk dicari. Kemudahan membeli sparepart merupakan faktor penting yang harus dipenuhi. Bayangkan jika spare part laptop bekas tersebut sangat sulit untuk dicari, kita pasti akan kelabakan dan kesusahan mencari sparepart tersebut. Kalaupun ada, harganya sangat mahal karena jumlahnya yang terbatas dan sulit untuk dicari.
  6. Pastikan bahwa toko jual beli laptop bekas tersebut memberikan garansi terhadap laptop bekas yang akan kita beli. Jadi ketika sewaktu-waktu laptop bekas tersebut mengalami masalah, kita dapat mengembalikannya pada toko tersebut untuk diperbaiki.
  7. Pastikan bahwa laptop bekas yang akan kita beli memiliki processor di atas pentium 4. Mengapa? Saat ini teknologi processor semakin maju, fiturnya semakin lengkap dan canggih.
  8. Yang terakhir, pastikan semua aplikasi dan program dapat bekerja baik. Jangan sungkan untuk meminta penjual laptop bekas untuk menginstall ulang kembali Operasi Sistem jika kita menemukan banyak error pada laptop bekas tersebut.

Selamat berbelanja di toko laptop bekas,dan selamat melakukan jual beli laptop bekas sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan.